Kamis, 26 April 2012

Kelebihan & Kekurangan Pemrograman Berorientasi Objek

  • Berikut beberapa KELEBIHAN
menurut saya yang sudah saya pelajari dan dapat dari perkuliahan.
  1. Program dibagi menjadi objek-objek, sehingga memudahkan dalam mengubah atau membuat objek baru yang sama maupun berbeda.
  2. Jika anda membuat library ataupun framework, OOP sangat baik karena strukturnya yang rapih, sehingga mudah untuk melakukan debugging, perubahan kode, dll.
  3. Data yang diset private hanya bisa diakses oleh fungsi lokal dan tidak dapat diakses oleh fungsi dari luar, sehingga kita tidak perlu menset variable-variable dengan nama yang banyak untuk berbagai fungsi karena takut terpengaruh oleh efek lainnya.
  4. Bergaya C++. Karena syntax dalam pembuatan program yang terdapat di java sama persis dengan C++, maka banyak pemrogram yang bermula dari menggunakan C++ banyak beralih menggunakan pemrograman yang berbasis objek (java).
  5. Memiliki fasilitas pengaturan memori sehingga para pemrogram tidak perlu lagi repot mengatur memori yang akan digunakannya.
  6. Semua aspek yang terdapat di java berorientasi objek. Dalam hal ini sangat memudahkan dalam hal membuat program karena semua berdasarkan objek atau class, serta memudahkan dalam hal mendesain, mencari kesalahan dan juga mengembangkan program yang telah kita rencanakan sebelumnya.
  7. Multiplatform (dapat dijalankan diberbagai sistem operasi sekaligus).
  • Berikut beberapa KEKURANGAN
  1. Memakan memory yang banyak, karena program banyak sehingga memakan memoryyang cukup banyak.
  2. Mudah dekomnplikasi.
  3. Perbaikan jika salah harus mengedit semua program.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar